Jurusan Ekonomi Keuangan Dan Perbankan

Nama lain program studi

Ekonomi

Keuangan dan Perbankan

Pelajaran SMA terkait

Ekonomi

Matematika

Deskripsi

Jurusan Ekonomi, Keuangan dan Perbankan ini banyak diminati. Bagi Anda yang suka menabung tentu sudah tidak asing lagi dengan bank maupun perbankan. Jurusan satu ini adalah bidang studi yang mana fokusnya pada dunia keuangan seperti bank, asuransi, pasar modal, simpan pinjam, dan berbagai macam transaksi yang lainnya. Anda akan bisa memaksimalkan fungsi lembaga perantara terutama bagi pihak yang membutuhkan dengan pihak yang memiliki kelebihan dana.

Jurusan Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Memiliki Prospek Kerja Cerah

Mengapa Jurusan Perbankan?

Ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan bagi lulusan Ekonomi, Keuangan dan Perbankan. Perbankan ini merupakan dunia yang tidak ada matinya, dijamin Anda akan memiliki peluang karir yang luas. Jenis pekerjaan yang ditawarkan di bidang perbankan ini juga sangat bervariasi.

Saat ini ada startup teknologi dalam bidang keuangan yang mana menjadi angin segar untuk lulusan perbankan. Anda bisa menempati posisi sebagai financial advisor. Alasan lainnya mengapa Anda bisa memilih jurusan satu ini adalah Anda bisa menjadi konsultan keuangan yang mana tugasnya sebagai penasehat individu maupun organisasi dalam pengelolaan jangka panjang.

Dengan mengambil jurusan satu ini Anda bisa bekerja di industri perbankan. Industri ini akan terus berkembang seiring perkembangan teknologi maupun zaman. Selain bekerja, Anda bisa terus menambah skill dan wawasan. Alasan terakhir adalah Anda memiliki kesempatan untuk bekerja di dalam lembaga keuangan seperti bursa efek, asuransi maupun investasi, perusahaan pialang dan sebagainya.

Dunia Perkuliahan

Jurusan Ekonomi, Keuangan dan Perbankan di setiap kampus memiliki nama yang beragam. Untuk meraih gelar sarjana Anda harus menempuh pendidikan selama 4 tahun atau 8 semester. Jika Anda mengambil jurusan vokasi Anda harus menempuh pendidikan selama 3 tahun atau 6 semester. Anda akan belajar mendalam tentang bank yang mana menjadi lembaga keuangan mulai dari tugas sampai fungsinya. Anda juga akan belajar tentang administrasi dan mengetahui bagaimana cara mengelolanya.

Kuliah di jurusan satu ini membuat Anda akan bertemu dengan mata kuliah seperti Ekonomi Pasar Modal dan Reksadana, Kebijakan Moneter dan Ekonomi Lembaga Keuangan. Anda juga akan mempelajari mata kuliah Analisis Resiko dan Investasi, Evaluasi dan Pengawasan Lembaga Keuangan dan Perbankan dan masih banyak lagi lainnya.

Jika Anda belajar di jurusan Perbankan Syariah Anda akan fokus pada pengelolaan bank sesuai dengan prinsip syariah. Di Jurusan Perbankan Syariah Anda akan menjumpai mata kuliah Pasar Modal Syariah, Hukum Bisnis Syariah, Pembiayaan Mikro Syariah. Anda juga akan belajar tentang Audit Syariah, Pemasaran Produk Syariah dan masih banyak lagi lainnya.

Prospek Kerja

Lulusan jurusan Ekonomi, Keuangan dan Perbankan ini memiliki prospek kerja yang sangat luas. Menjadi bankir bisa menjadi profesi utama. Anda juga bisa menjadi marketing, frontliner dan masih banyak lagi lainnya. Pada umumnya rata-rata gaji awal lulusan perbankan ini mulai dari 4 juta rupiah sebagai staff. Gaji sesuai dengan keterampilan, pengalaman maupun posisi pekerjaan Anda.

Anda juga bisa menjadi pimpinan bank di masa depan dengan menempuh pendidikan development officer. Anda juga bisa mengembangkan potensi di pasar modal, reksadana, makelar saham, akuntan, menjadi HRD dan masih banyak lagi lainnya.

Jurusan Ekonomi, Keuangan dan Perbankan memiliki prospek karir yang luas, Anda yang menyukai dunia perbankan jurusan satu ini bisa Anda jadikan sebagai pilihan.