S1 · Desain Interior · Institut Teknologi Bandung

Bandung
Rp 1.000.000 - Rp 25.000.000/Semester
Akreditasi A
Full Time
4.2

Highlights

Jurusan Desain Interior di Institut Teknologi Bandung (ITB) dinaungi oleh Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD).

Seperti nama jurusan ini sendiri, mahasiswa akan mendesain semua elemen interior ruangan mulai dari lantai, dinding, hingga langit-langitnya. Akan tetapi, tidak banyak yang mengetahui bila jurusan ini selalu menempatkan manusia sebagai salah satu subjek penting. Oleh karena itu, mahasiswanya akan diajak pula mendalami hubungan manusia dengan ruang yang dihuni atau digunakan, sehingga ruangan yang tercipta akan mendukung segala kegiatan. Selain itu, mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan pelengkap seperti perancangan furnitur atau mebel, aspek perilaku manusia, konstruksi bangunan tata cahaya dan suara, dan lain-lain.

Tugas yang sangat khas di jurusan ini tentu saja mendesain interior, mulai dari ruangan apartemen studio, rumah kecil, ruang retail atau toko, hingga ruang publik seperti mall dan rumah sakit. Selain interior, mahasiswa akan diajak mendesain furnitur seperti tempat penyimpanan dan meja-kursi.

Agar sukses di jurusan ini, tentu saja mahasiswa harus rajin menambah wawasan dan mencari inspirasi dengan jalan-jalan atau mengikuti media sosial. Kemampuan manajemen waktu pun sangat berguna karena padatnya jadwal dan banyaknya tugas.

Di bawah ini adalah daftar mata kuliah per semester, informasi biaya kuliah, serta ulasan mahasiswa dan alumninya.

perasaan yang membingungkan.

Mahasiswa, S1 Desain Interior 2019
Fasilitas2
Lokasi4
Kesempatan Kerja5
Pengajar5

Tenaga pendidik sangatlah kompeten karena ahli di bidangnya masing masing. standar tugas dan outcome yang diminta untuk mahasiswanya capai memang lebih tinggi dibangingkan universitas lain. dan karena perasaan kompetitif antar teman yang membuat saling bersaing untuk mendapat nilai bagus. lokasi yang strategis, dekat mall, dekat pusat perbelanjaan, dkk.

fasilitas tidak lengkap bahkan banyak fasilitas yang tidak diberikan untuk kebutuhan mahasiswa, toilet sering kotor, Wifi tidak cepat, konseling mahasiswa yang kurang membantu untuk mahasiswa, dimana ITB ini pasti banyak yang stress atau lelah karena tugas atau masalah pribadi sehingga perlu mengikuti konseling. dan yang terakhir adalah budaya kaderisasi yang masih kental didalam kampus. walaupun tidak semua fakultas, tetapi masih ada fakultas yang melakukan tindakan kaderisasi dengan alasan kekeluargaan dan solidaritas. bahkan banyak mahasiswa yang menutupi keberadaan kaderisasi didalam kampus. politik kampus yang tidak jelas bahkan terkesan maksa.

Pilihan yg tepat untuk masa depan

Ayuti Fathmarany, S1 Desain Interior 2007
Fasilitas4
Lokasi5
Kesempatan Kerja5
Pengajar4
  1. Termasuk salah satu jurusan desain interior tertua di indonesia
  2. Mengedepankan conceptual thinking, ideas, originalitas dalam berkarya
  3. Fakultas memiliki koneksi dengan kampus internasional dan sering mengadakan workshop dan kolaborasi bersama
  4. Kesempatan kerja yg baik
  5. Banyak tersedia beasiswa
  6. Ikatan alumni yg kuat
  7. Mata kuliah yg menarik dan bisa ambil mata kuliah antar jurusan/fakultas
  8. Banyak kegiatan unit mahasiswa yang unik dan menarik
  9. Suasana kampus yg nyaman dengan desain gedung klasik dgn berbagai langgam
  1. Fasilitas prodi th 2007-2011 kurang memadai. Dengan gedung baru seharusnya skrg fasilitas FSRD sudah ok
  2. Mata kuliah prodi terlalu theoritical sehingga alumni membutuhkan usaha lebih untuk beradaptasi di dunia kerja (practical)
Cari program studi impianmu dan lihat lebih banyak informasi seperti akreditasi jurusan, peluang masuk, biaya kuliah (biaya sumbangan, biaya per semester, dan biaya uang kuliah tunggal (UKT)), kurikulum atau sebaran mata kuliah per semester, dan review dari mahasiswa dan alumni.