Jurusan Teknik Sipil

Nama lain program studi

Teknik Sipil

Teknik Sipil dan Lingkungan

Pelajaran SMA terkait

Fisika

Deskripsi

Teknik Sipil merupakan ilmu yang mempelajari perancangan, konstruksi dan konservasi bangunan maupun infrastruktur. Mulai dari jalan, drainase, sanitasi, bangunan darat, sampai dengan pelabuhan.

Topik penelitian yang dilakukan ini sangat beragam seperti jembatan dan bantaran sungai bisa juga tepi laut. Teknik satu ini juga mengajarkan perencanaan teknologi untuk melindungi dari bencana seperti banjir, gempa bumi dan juga konservasi lingkungan di dalam suatu wilayah.

Berikut adalah universitas yang menawarkan jurusan Teknik Sipil

Tertarik dengan Teknik Sipil? Ini Keahlian dan Prospek Kerja yang Bisa Didapatkan!

Pengetahuan dan Keahlian

Ada banyak pengetahuan dan juga keahlian yang akan diajarkan untuk kemampuan berpikir logis, membuat analisis dan juga kemampuan mendesain. Anda juga akan diajarkan untuk kemampuan komunikasi, kemampuan melakukan perencanaan, memahami gambar 2D maupun 3D dan juga memahami matematika maupun fisika.

Mengapa Jurusan Teknik Sipil?

Banyak yang bertanya mengapa harus memilih jurusan Teknik Sipil? Ada beberapa alasan mengapa sebaiknya Anda memilih jurusan teknik satu ini dimana yang pertama adalah peluang dari jurusan ini lebih luas. Terutama di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia yang mana sering melakukan pengembangan infrastruktur.

Sarjana lulusan jurusan ini juga lebih banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Tujuannya agar bisa menguatkan dalam divisi pembangunan dan juga pengembangan bangunan. Sarjana Teknik Sipil ini juga banyak dibutuhkan untuk melakukan rekayasa bangunan.

Yang membuat jurusan teknik satu ini memiliki nilai lebih adalah mampu menghasilkan berbagai macam karya yang sangat bermanfaat untuk masyarakat luas. Dengan tangan dingin dari Sarjana Teknik Sipil ini ikut andil dalam membangun jalan, jembatan, pelabuhan sampai dengan bandara.

Prospek Kerja

Prospek kerja dari lulusan teknik ini sangat cerah. Hal itu dikarenakan Indonesia adalah negara berkembang. Negara berkembang ini banyak melakukan pembangunan terutama dalam bidang infrastruktur. Lulusan jurusan ini juga banyak dicari oleh kontraktor yang sering melakukan pembangunan. Anda bisa bekerja sebagai konsultan di dunia perbankan karena sektor tersebut membutuhkan tenaga sipil untuk bisa melakukan audit pada kredit konstruksi. 

Setiap jenis pekerjaan dalam bidang konstruksi ini akan menawarkan jenjang karir yang menjanjikan. Dengan bekal keilmuan yang dipelajari pada umumnya akan mendapatkan gaji awal kisaran 5 juta rupiah. Gaji ini sangat tergantung dengan tempat bekerja, jabatan saat diterima dan juga pengalaman yang akan Anda miliki.

Yang terakhir bagi yang memiliki minat terhadap hukum dia bisa menjadi pengacara hak paten dimana tugasnya adalah menilai suatu hal yang baru dan juga inovatif. Pekerjaan yang bisa diambil oleh jurusan Teknik Sipil adalah pegawai bank atau account officer, bagian perencanaan dan pengembangan real estate, konsultan properti, sales perusahaan dan konstruksi, surveyor tanah dan yang terakhir adalah dosen.

Jurusan Teknik Sipil akan membuat Anda mempelajari semua bidang keteknikan, membahas teknik perancangan, pembangunan, pemeliharaan dan renovasi suatu bangunan, semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.